Khutbah Jum’at 17 Marert 2017

 

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحَمْدُ للهِ الَّذِي أَمَرَناَ باِلْإِعْتِصَامِ بِحَبْلِ اللهِ وَالإِبْتِعاَدِ عَنِ العاَدَاتِ الجاَهِلِيَّةِ. وَالصَلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ رَسُوْلِ اللهِ مُحَمَّدٌ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لاَّ إِلهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا نَبِيَّ الرَحْمَةِ وَقُدْوَةَ الأُمَّةِ لِنَيْلِ السَعَادَةِ فيِ الدُنْيَا وَالآخِرَةِ، فَصَلَوَاتُ اللهِ وَسَلاَمُهُ عَلَيْهِ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ.أَمَّا بَعْدُ، فَيَا عِبَادَ اللهِ أُوصِيْكُمْ وَإِيّاَيَ بِتَقْوَى اللهِ، اِتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْن

Maasyiral muslimin rakhimakumullah

Pada kesempatan yang mulia ini marilah kita ucapkan puji syukur kehadirat Allah swt yang telah memberikan kepada kita nikmat iman dan Islam sehingga kita senantiasa dapat melaksanakan amanah yang Allah berikan kepada kita semua yang telah menciptakan manusia sebaik-baik ciptaan. Begitu pula shalawat serta salam mari kita panjatkan kepada junjungan kita nabi besar Muhmmad saw yang telah memberikan kita jalan hidayah Ilahi sehingga selalu mendapat petunjukNya dalam melaksanakan kegiatan kita sehari-hari.

Hadirin jamaah Jumat yang dimuliakan Allah

Dalam era modern dan era masyarakat industri seperti sekarang ini, peranan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang didukung oleh kemampuan akal, dalam memajukan segala aspek kehidupan manusia sangat dominan sekali. Dan peranan orang berilmu dimana-mana kita saksikan menonjol sekali dalam membangun dan memajukan masyarakatnya, agamanya, dan bangsanya.

Begitu banyak ayat Al-Qur’an dan hadits-hadits yang menunjukkan keutamaan orang-orang yang berilmu. Pepatah mengatakan bahwa ilmu lebih utama daripada harta karena ilmu akan menjaga pemiliknya sedangkan harta, pemiliknyalah yang harus menjaganya. Bahkan Allah swt mengangkat derajat orang-orang yang berilmu didalam firman-Nya

يرفع   الله   الذين  آمنوا  منكم   والذين  أوتوا  العلم  درجات (المجادلة:(11

“Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman di antara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat” (QS Al-Mujaadalah:11).

Jamaah jumat yang dirahmati Allah

Selain ditinggikan derajat, dengan ilmu pengetahuan kita dapat menjadikan sesuatu sulit menjadi mudah. Misalnya orang mau beribada seperti sholat maka jika sudah mempunyai ilmu tentang sholat pasti akan lebih mudah melakukan sholat. Selain itu, dalam hal dunia pun dengan ilmu kita bisa mengelola apa yang ada di bumi mengingat kita dijadikan khalifah oleh Allah di bumi ini. Maka dari itu pentinglah bagi kita untuk berilmu karena ilmu punya peran yang sangat penting bagi kehidupan dunia maupun akherat. Rosulullah saw bersabda:

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَ الآخِرَهَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ باِلعِلْمِ

“Barangsiapa yang menginginkan dunia maka hendaklah berilmu.Barangsiapa yang menginginkan akhirat, maka hendaklah dengan ilmu.Barangsiapa yang menginginkan keduanya, maka hendaklah dengan ilmu.”

 

Dari hadits diatas jelas sekali bahwa kenikmatan dunia diraih dengan ilmu kenikmatan akherat juga diraih dengan ilmu. Selain itu kebaikan dunia maupun akherat juga didapat dengan ilmu dan itu tentu jauh lebihbaik daripada tanpa didasari dengan ilmu, sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw:

خَيْرُ الدُنْيَا وَاْلاَخِرَةِ مَعَ اْلعِلْمِ وَشَرُّ الدُّنْيَا وَاْلاَخِرَةِ مَعَ اْلجُهْلِ (رواه الديلمى(

“Sebaik-baik dunia dan akherat harus dengan ilmu dan sejelek-jeleknya dunia dan akherat tanpa ilmu” (HR. Dailami)

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah

Dari pemaparan diatas jelaslah bahwa kebaikan dunia maupun akhirat haruslah dibangun di atas ilmu. Tidak mungkin seseorang dapat memiliki kebaikan dunia dan akhirat tanpanya. Tanpa ilmu, seseorang hanya akan beragama tanpa memiliki dasar yang kuat dan hanya ikut-ikutan saja. Akhirnya imannya akan mudah goyah oleh syubhat-syubhat yang kini begitu merajalela.

Maka dari itu, Setiap muslim haruslah mencari ilmu duniawi (ilmu pengetahuam umum) dan ukhrawi (agama) selama ilmu tersebut bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.Ilmu duniawi memberikan manfaat serta kebahagiaan dalam kehidupan dunia supaya tidak buta diri kita dan terhadap orang lain dan juga pekembangan zaman. Sedangkan Ilmu ukhrawi sudah merupakan kewajiban setiap muslim untuk mencarinya sebagai tuntunan atau jalan menuju kebahagiaan di akherat kelak. Dan semoga kita semua selalu diberi taufiq oleh Allah agar selalu menuntut ilmu dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amin .

 

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ. وَنَفَعَنِي وَاِيِّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. وَتَقَبَّلَ الله مِنِّي وَمِنْكُمْ تِلاوَتَهُ اِنَّهُ هُوَاالسَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. أقُوْلُ قَوْلِي هَذا وَأسْتَغْفِرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ لَيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

 

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2015 Binaumma Tebuireng. All rights.